Friday, February 11, 2011

Roti Kukus 200




Sebelum berhasil menaklukkan si Bolu Kukus ini aku pernah bikin tapi hasil mingkem....
Bukan kayak bolu kukus malah lebih mirip cupcakes kukus....Langsung deh lemes waktu itu...Jadi ilfil mau nerusin ngukus sisa adonan yang lain...

Mungkin waktu itu aku ngocoknya kurang lama dan kurang kentel kali ya...Lagian ngukus nya waktu itu cuman pake dandang nasi biasa...Udah aku isi cuman 3-4 adonan tapi tetep aja mingkem

Setelah berselang waktu lama banget koq jadi tergelitik nyoba si Bolu Kukus ini...Apalagi di baru dapet "warisan" langseng (kukusan yang 2 tingkat itu lho) dari mama....

Akhirnya nyoba deh pake resep Bolu Kukus 200-nya Ibu Fatmah.....Kenapa aku nyoba resep ini? Karena biasa resep beliau maknyus dan kebetulan aku liat gampang banget semua bahan dicampur jadi satu langsung di mix........

Dan ternyata emang berhasil.........Wah begitu buka kukusan liat bolu kukus nya mekrok rasanya ingin menjerit deh...Untung aku inget itu dah malem bisa-bisa disatroni tetangga dan pak satpam deh rumahku...Pokoknya senegnya g terlukikan deh begitu liat nih bolu ngakak......Seneng banget....;)




Ini nih resepnya:

BOLU KUKUS 200
by Fatmah Bahalwan

Bahan :
200 gr gula pasir
2 btr telur
200 gr tepung terigu
200 ml air soda (misal: Sprite)
1 sdt emulsifier (misal: SP)

Cara membuatnya:

* Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.
* Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.
* Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
* Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit.

No comments:

Post a Comment